on | 0 komentar
Setiap tahun kira-kita tiga juta jemaah datang ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji tahunan, ibadah yang didambakan oleh setiap muslim yang taat, untuk dilakukan paling sedikit satu kali seumur hidup.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, lebih dari 4.000 Pramuka/Pandu dari seluruh negeri tersebut, menyediakan tenaganya untuk membantu memberikan informasi, menunjukkan jalan, menolong anak hilang menemukan orangtua mereka, memberikan pertolongan pertama, dan sebagainya. Kegiatan itu mungkin merupakan proyek pengabdian masyarakat tahunan terbesar yang dilakukan Pramuka di dunia.
Para Pramuka itu secara sukarela membaktikan waktunya selama 15 hari, dan mendapatkan pelatihan khusus dalam pertolongan pertama dalam kecelakaan dan berbagai keterampilan berkomunikasi.

Kartu-kartu ucapan terimakasih yang dikirim para jemaah yang telah mereka bantu, mempunyai nada yang hampir sama: mereka tersesat dalam lautan jutaan manusia, lalu melihat pemandangan yang pernah mereka amati – seorang muda berseragam Pramuka, seperti yang mereka lihat di tanah airnya, atau yang dulu pernah mereka pakai – kemudian mereka tahu bahwa mereka selamat/aman.***

** Dikutip dari EMPOWERING YOUNG ADULTS, terbitan WOSM.


0 komentar:

Posting Komentar